Friday, 18 May 2018

5 Manfaat Belajar Bahasa Inggris

Banyaknya manfaat yang bisa kamu dapatkan kalau kamu bisa bahasa Inggris—dari keren sampe ke beken! Langsung aja simak artikelnya, yuk! :D

Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang paling sering diucapkan di dunia. Berdasarkan www.britishstudy.com, bahasa Inggris adalah bahasa resmi dari 53 negara. Bahasa ini merupakan bahasa internasional karena selain 53 negara tersebut, negara-negara lain di dunia menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa ke dua atau setidaknya menjadi salah satu bahasa yang wajib dipelajari.
Ada banyak manfaat yang dapat diraih ketika seseorang memiliki keterampilan dalam bahasa Inggris, yakni:
1. More Language, More Knowledge
Semakin banyak bahasa yang dikuasai seseorang, maka semakin banyak pula ilmu dan pengetahuan yang dimiliki. Anggap kamu dapat berbahasa Inggris secara aktif dan pasif, maka kamu dapat menerima pengetahuan yang tidak hanya bersumber dari bahasa Indonesia saja, tapi juga dari bahasa Inggris.
Good news nih buat kamu, 65% buku yang ada di dunia diproduksi dalam bahasa Inggris. Itu jumlah yang banyak banget loh, guys! Bayangkan kamu dapat membaca pengetahuan apapun dengan hanya bisa bahasa Inggris! Ah tapi kan nanti juga ada terjemahan bahasa Indonesianya. Iya ada, tapi itu lama banget. Butuh bertahun-tahun loh untuk sebuah buku diterjemahkan ke bahasa lain. Yakin gak keburu bapuk?
Kalau kamu bisa bahasa Inggris, kamu bisa dengan mudah mengikuti perkembangan pengetahuan terkini serta berita-berita yang lagi trend di dunia, jadi kamu akan lebih up to date dan lebih berwawasan ketimbang kalau gak bisa bahasa Inggris.
2. Menambah Kecerdasan
Mempelajari bahasa asing itu baik bagi kecerdasan dan kemampuan memori otak. Otak kita terbiasa dengan bahasa sendiri pun terbiasa dengan bahasa asing yang dipelajari. Hal ini termasuk menghafal kosa kata, memahami aturan bahasanya, sekaligus kebudayaan dari bahasa tersebut. Kinerja otak menjadi ganda, dan ini sama halnya dengan melatih kemampuan kognitif dan memori otak.
Lebih lengkapnya, dilansir dari bebrainfit.com, beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika seseorang mempelajari bahasa asing adalah: memiliki fokus dan konsentrasi yang lebih tinggi, lebih kreatif, bagus dalam perencanaan dan penentuan priotitas, menambah kecerdasan dan memori sehingga menurunkan resiko penuaan otak, demensia, dan Alzheimer.
3. Menambah Jaringan Pertemanan
Sebagai bahasa internasional, pengguna bahasa Inggris juga tersebar diseluruh dunia. Dengan bisa bahasa Inggris berarti menambah jaringan relasi secara internasional pula. Imbasnya lingkaran pertemanan yang dimiliki tidak hanya diisi dengan orang-orang yang berasal dari negara sendiri, tapi juga dari berbagai negara di pelosok dunia. More language, more friends!
4. Jadi Sarana untuk Melanjutkan Pendidikan Ke Luar Negeri
Untuk seseorang yang mempunyai cita-cita melanjutkan pendidikan ke luar negeri, bahasa Inggris adalah salah satu syarat mutlak yang sangat fundamental wajib untuk dipenuhi. Kemampuan bahasa  Inggris itu dibuktikan melalui tes bahasa Inggris standar internasional, seperti TOEFL atau IELTS. Kalau bisa bahasa Inggris, kedua tes itu bukan perkara sulit untuk dihadapi. 
Saat melanjutkan studi di luar negeri, itu jadi momen untuk memperdalam keterampilan bahasa Inggris secara aktif. Ibarat pepatah—sambil menyelam minum air, di sana, selain menuntut ilmu juga bisa sekaligus melatih bahasa Inggris secara langsung dengan adanya komunikasi antara kamu dengan lingkungan baru. Siap-siap pulang ke Indonesia jadi bulepotan beneran! :’D
5. Terlihat Lebih Keren
Manfaat ke lima ini cenderung subjektif sih, tapi memang iya, kan? Melihat orang dengan performa bahasa Inggris yang oke membuat kita terkagum-kagum. Ada keinginan  untuk bisa berbahasa Inggris seperti mereka juga. Lihat skinnyfabs, dengan aksen britishnya, kemampuan bahasa Inggris dia terbilang keren. Dan karena itu, dia juga sekarang jadi beken. Sekarang mau keren udah gak susah lagi ya, tinggal belajar bahasa Inggris aja sampe bisa. Bonusnya, siapa tahu nanti jadi beken juga! :D

Naah… Setelah tahu keuntungan apa saja yang didapatkan, udah gak malas lagi kan belajar bahasa Inggris? Asah terus sampe kamu jadi keren dengan selalu ingat manfaatnya. Dengan mengingat keuntungannya, ini mendorong kamu untuk selalu semangat ningkatin skill bahasa Inggris kamu. Good luck!

Referensi:


Ditulis oleh: 
Lista Rani

No comments:

Post a comment