Tuesday, 22 March 2016

TUGAS: Komunikasi Bisnis Rancangan Iklan


Perusahaan         : VICE VERSA
Produk                : Art and Illustration
Strategi Bisnis    : Pengembangan Produk
Media                  : Online (Instagram)

Dunia seni membutuhkan pemikiran-pemikiran ‘sebaliknya’, yakni pemikiran-pemikiran non konvensional yang menghasilkan karya-karya imajinatif. Dengan dasar itulah, perusahaan ini dinamakan Vice Versa. Produk yang dihasilkan berupa seni dan ilustrasi.

Karena strategi bisnis yang saya pakai adalah pengembangan produk, saya telah mengklasifikasikan macam-macam barang seni dan ilustrasi yang ditawarkan oleh Perusahaan Vice Versa:

1. Lukisan (Sketch, Portrait)
    Pilihan media: Pensil, tinta cina, dan cat air
2. Ilustrasi (Digital)

    Ilustrasi  berupa digital painting, desain logo, creative CV, pembuatan poster, brosur, stiker, editing foto dan video.


Mengapa memilih perusahaan di bidang seni dan ilustrasi?


Seni adalah bisnis yang tidak akan mati dan produknya pun dapat dikreasikan sesuai dengan perkembangan zaman. Saat ini pun ada yang namanya seni lukis digital yang dapat dipesan oleh masyarakat umum dengan harga terjangkau. Selain itu, produk seni bisa dipesan untuk dijadikan hadiah spesial bagi seseorang, contohnya lukisan—bersifat unik, berseni dan dapat dipajang selamanya.

Untuk produk ilustrasi, banyak perusahaan, institusi, dan organisasi yang membutuhkannya, seperti:  jasa pembuatan brosur, stiker, poster, dan logo sehingga prospek dari perusahaan ini pun dapat dikatakan terjamin.

Apa yang paling menarik dari perusahaan ini?


Setiap konsumen mengkonsultasikan jenis produk yang dikehendaki dengan mengadakan percakapan khusus dengan pihak perusahaan mengenai desain dan konten objek sehingga hasil ilustrasi sesuai dengan ekspektasi pelanggan. Hubungan antara konsumen dan perusahaan pun semakin akrab sehingga menambah kepercayaan antar kedua belah pihak.

Media dan Rancangan Iklan


Media promosi menggunakan media sosial dan tatap muka langsung. Khusus media sosial, saya menggunakan Instagram dan menggunakan hashtag #vartv sebagai kata kunci khusus untuk membuka laman yang menampilkan produk dan jasa Vice Versa. Saya juga menggunakan poster digital  yang berisi iklan perusahaan seperti jasa, contoh produk, range harga, dan tentunya sebuah tagline perusahaan: Vice Versa—The way of ideas goes into reality. Poster ini dapat dipasang di Instagram dan disebarluaskan lewat media sosial, seperti: line, bbm, facebook, twitter, dll.

Rancangan iklan lain yang dapat diterapkan yakni menganjurkan para konsumen untuk mem-posting foto produk yang telah dipesan di media sosialnya dengan menggunakan hashtag dan tagline perusahaan. Mereka juga diminta untuk menuliskan tingkat kepuasan atas jasa dan pelayanan perusahaan. Hal itu dapat mengundang para sahabat atau kawan konsumen melirik akun Vice Versa dan mulai menjelajahi  karya-karya Vice Versa. Selain itu, di instagram terdapat jasa promotor yang menampilkan video iklan produk perusahaan berdurasi 15 detik. Meski biayanya lumayan mahal, namun dapat dipastikan banyak pelanggan baru datang ke laman saya.

Keuntungan lain menggunakan media promosi melalui media sosial yaitu adanya jasa ‘endorsement’ yang dapat dilakukan oleh ‘seleb media sosial’ untuk mempromosikan produk dan jasa perusahaan. Dalam hal ini, perusahaan Vice Versa akan membuat lukisan portrait orang yang meng-endorse, lalu ia akan memasang foto lukisannya di media sosial miliknya.

No comments:

Post a comment